- Jadwal Pertandingan di TV - Prediksi Pertandingan - Hasil Pertandingan - Livescore - Champions - UEFA - Klasemen Liga Premier Inggris - Klasemen La Liga Spanyol - Klasemen Liga Italia Serie A - Klasemen Bundesliga Jerman - Klasemen Liga Eredivisie Belanda - Klasemen Ligue 1 Prancis -

Planet Mirip Bumi

Planet Mirip Bumi - Baru saja saya iseng-iseng mencari berita terbaru di vivanews yang menurut saya keren dan berguna, salah satu berita yang saya baca yaitu mengenai planet mirip bumi. Dalam berita tersebut tertuliskan bahwa planet yang telah di amati selama kurang lebih sebelas tahun ini merupakan planet mirip bumi. Karena di planet tersebut tidak terlalu dingin juga tidak terlalu panas seperti planet-planet yang telah di temukan sebelumnya. Planet mirip bumi ini di temukan oleh para astronom di Amerika Serikat (AS), dan beranggapan kalau planet ini cocok untuk di huni makhluk hidup karena letaknya strategis hampir seperti bumi.

Planet Mirip Bumi
Wah para astronom ini rajin dan giat sekali ya, selama kurang lebih sebelas tahun hanya menghabiskan waktunya untuk mengamati dan mencari planet mirip bumi. Memang sekarang ini para astronom asal Amerika Serikat sedang gencar sekali mengamati planet-planet mirip bumi yang mungkin bisa di jadikan tempat tinggal selain di bumi. Namun apakan planet mirip bumi ini benar adanya dan benar bisa untuk tinggal makhluk hidup?

Dengan pertanyaan seperti di atas para astronom bekerja keras hingga kurang lebih sebelas tahun untuk menemukan jawaban tersebut. Untuk yang ingin lebih jauh melihat gambar atau foto planet mirip bumi ini bisa mencari di serch google, yahoo dan lain-lain. Namun akan lebih nyaman bila anda memakai software internet murah unlimited tanpa quota supaya tidak terhambat dengan terbatasnya kuota yang ada.

Pastinya anda bertanya-tanya dimana letak planet mirip bumi itu? dan bagaimana bisa para astronom tersebut menemukan planet mirip bumi ini?

Planet mirip bumi ini terletak pada posisi berjarak 120 triliun mil atau sekitar 193,1 triliun kilometer dari Bumi. Sedangkan planet mirip bumi ini dapat di temukan dengan cara sebagai berikut seperti yang saya kutip dari vivanews.

Peneliti dari Universitas California di Santa Cruz, Steven Vogt, dan R Paul Butler, astronom dari Carnegie Institution di Washington mengungkapkan bahwa mereka sama-sama menggunakan teleskop canggih di darat. Namun, mereka tidak langsung menemukan planet harapan itu.

Para ilmuwan rupanya mengamati pergerakan suatu bintang -yang mereka sebut Gliese 581- selama lebih dari sebelas tahun. Bintang itulah yang menjadi orbit dari suatu planet mirip Bumi, yang belakangan mereka temukan.

Planet itu merupakan yang keenam yang ditemukan tim ilmuwan yang mengitari Gliese 581. Menurut Vogt, dua planet lain tampak menjanjikan untuk dihuni. Sedangkan yang lainnya terlalu panas.

Sebaliknya, planet kelima yang mereka temukan malah terlalu dingin. Justru planet keenam yang mereka anggap cocok, sehingga disebut goldilocks. Artinya kondisi planet itu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas karena posisinya tidak terlalu dekat dan tidak terlalu jauh dari bintang.

Tadinya, planet itu akan dinamai Gliese 581g, mengingat bintang yang menjadi pusat rotasi disebut Gliese 581a. Namun, Vogt tidak setuju dengan penamaan itu. "Itu bukan nama yang sangat menarik, apalagi ini menyangkut planet yang indah," kata Vogt.

Dia lebih suka planet itu sesuai dengan nama istrinya. "Saya menyebut planet itu Dunia Zarmina," kata Vogt.

Gliese 581 dianggap sebagai "bintang cebol," hanya sepertiga dari matahari. Oleh karena itu, menurut Butler, Gliese 581 tidak akan bisa langsung terlihat dari teleskop biasa dari Bumi meski berada di konstelasi Libra.

Penemuan para astronom itu dipublikasikan di media Astrophysical Journal dan juga diumumkan oleh National Science Foundation, Rabu 29 September 2010.(Associated Press)(ywn)



@



0 komentar:

Post a Comment - Kembali ke Konten

Silahkan tinggalkan komentar anda seputar Liga Premier Inggris La Liga Spanyol Liga Italia Serie A Bundesliga Jerman Liga Eredivisie Belanda Ligue 1 Prancis - Tunjukkan semangat sportifitas mu

Planet Mirip Bumi